Cara Mengganti Hutang Puasa yang Lupa Jumlahnya

Setiap hari puasa yang 'bolong' di bulan Ramadhan harus dibayar gantinya, baik dengan qadha maupun fidyah. Lantas bagaimana jika Bunda lupa jumlah hari utang puasa?


Perlu dipahami bahwa sebanyak apapun utang puasa Ramadhan wajib diganti. Pasalnya, puasa Ramadhan itu sendiri hukumnya juga wajib, Bun. Maka dari itu, selagi puasa wajib tersebut belum ditunaikan, maka kewajiban itu masih menjadi tanggungan Bunda.

Dikutip dari NU Online, Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami menyarankan agar orang yang lupa jumlah utang puasanya memperbanyak puasa sunah dengan niat meng-qadha utang puasa Ramadhan.

Misalnya, Bunda ragu jumlah utang puasa apakah 10 atau 15 hari, maka lebih baik lakukan puasa qadha sebanyak 15 hari alias jumlah terbanyak. Selain membuat Bunda lebih tenang, ini juga membantu mengurangi beban kewajiban.

Sekalipun mungkin jumlah hari gantinya kelebihan, puasa yang Bunda lakukan tidak akan sia-sia dan tetap mendapat pahala sebagai puasa sunah. Jadi, jika Bunda memiliki utang puasa lalu ingin mengganti, lebih baik perbanyak puasa sunah dengan niat qadha puasa Ramadhan, ya.

Apabila lupa dengan jumlah utang kemudian justru menunda penggantian, maka akan termasuk melalaikan perintah agama dan berdosa. Segera perkirakan jumlah utang dan segera bayar puasa sebanyak yang diprediksi sampai yakin utang telah lunas, Bun.

0 Response to "Cara Mengganti Hutang Puasa yang Lupa Jumlahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel