Terlihat Sepele, Ternyata Mengangkat Kaki ke Tembok Sambil Berbaring Punya Banyak Manfaat

Saking sibuknya rutinitas dan padatnya jadwal sehari-hari, kadang kita jadi tak sempat untuk olahraga. Padahal kesehatan perlu dijaga dengan rutin olahraga.


Dan ternyata tidak perlu pergi ke gym atau menggunakan peralatan mahal untuk olahraga yang optimal.

Ada satu gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah sebagai salah satu cara untuk olahraga.

Gerakan apa yang dimaksud?

Mudah saja, cukup mengangkat kaki ke tembok sambil berbaring. Lakukan ini selama 20 menit setiap hari. Kamu akan mendapat banyak manfaat luar biasanya.

  • Cari posisi paling nyaman, bisa di tempat tidur atau beralaskan matras.
  • Angkat kedua kaki lalu sandarkan ke tembok, kedua tangan rileks di samping badan.
  • Tahan posisi selama 15-20 menit.

Pastikan kamu mengenakan pakaian yang nyaman, ya Moms. Jangan sampai salah memakai baju yang terlalu ketat dan menghambat sirkulasi darah. Ada lima manfaat yang bisa kamu dapat dengan gerakan ini. 

Seperti yang dilansir dari brightside.me, kalau kamu rutin melakukan gerakan ini setiap hari, akan ada banyak perubahan positif yang akan dirasakan oleh tubuhmu.

1.Langkah kaki akan terasa lebih ringan

Kaki yang terasa berat atau bengkak bisa disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk. Bisa juga karena gangguan jantung dan ginjal, berat badan berlebih, dan pola makan buruk. Dengan rutin menyisihkan waktu 20 menit untuk mengangkat kaki ke tembok, sirkulasi darah bisa lebih lancar dan langkah kaki pun terasa makin ringan.

2. Nggak gampang capek saat pakai high-heels

Buat kamu yang sehari-hari dituntut pakai sepatu high-heels atau berhak tinggi, meluangkan waktu 20 menit untuk mengangkat kaki ke tembok bisa jadi penolongmu. Kamu nggak akan gampang capek dan sirkulasi darah bisa kembali lancar.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Kinerja sistem pencernaan bisa makin lancar. Suplai darah ke organ-organ dalam bisa meningkat melalui aliran dari kaki. Sirkulasi darah yang meningkat bisa mengoptimalkan sistem pencernaan. Bila dilakukan dengan rutin, sebagian besar nutrisi yang kita cerna bakal diserap dengan lebih cepat.

4. Mencegah stres

Saat berbaring dengan posisi kaki terangkat ke tembok, tubuh akan lebih rileks dan bisa bernapas dengan lebih tenang. Jaringan tubuh akan mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah makin lancar, nutrisi bisa diedarkan ke seluruh organ dalam. Hal ini kemudian bisa membuat sistem saraf lebih baik, mengurangi tekanan di sekitar kening, leher, dan perut. Jadinya nggak bakal gampang stres lagi.

5. Tidur jadi lebih nyenyak

Sering mengalami insomnia? Coba rutin lakukan gerakan ini. Dengan mengangkat kaki ke tembok selama 15-20 menit, otak akan mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah lebih lancar. Saat tidur pun jadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Bila diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga rutin, maka manfaatnya akan lebih luar biasa. Tapi nggak ada salahnya untuk mulai dari gerakan sederhana yang bisa langsung dilakukan saat ini juga. Semoga infonya bermanfaat ya Moms.

Sumber: vemale.com

0 Response to "Terlihat Sepele, Ternyata Mengangkat Kaki ke Tembok Sambil Berbaring Punya Banyak Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel