Kisah Viral Gadis 20 Tahun Lumpuh akibat Minum Boba, Ini Kata Dokter



KOMPAS.com - Mungkin Anda termasuk salah satu penggemar minuman dengan rasa manis dan terbuat dari tepung tapioka yang disebut dengan boba atau bubble? Namun, hati-hati, mengonsumsi boba atau bubble terlalu banyak dapat menyebabkan penyakit diabetes, yang jika tak segera ditangani bisa berlanjut pada komplikasi, hingga menyebabkan kelumpuhan.

 Seperti yang telah diberitakan Kompas.com sebelumnya, seorang wanita asal Bekasi, berinisial R, membagikan pengalaman pribadinya terkait efek samping dari kegemarannya mengonsumsi boba atau bubble.

Pengalaman pribadi yang dikisahkan oleh R melalui akun media sosial Twitter @dangobulet langsung menjadi sorotan masyarakat karena banyak orang juga menggemari boba. Saat dikonfirmasi Kompas.com, R mengaku bahwa dalam satu hari dia bisa mengonsumsi dua gelas boba. 

Biasanya R mengonsumsi boba tiga sampai empat hari dalam seminggu.

Kebiasaannya ini mulai ia lakukan sejak Desember 2019. Selama mengonsumsi boba, R tidak merasa ada yang aneh pada tubuhnya.

 Hingga suatu ketika, perempuan berusia 20 tahun ini merasakan kebas pada kaki. Selama enam hari, rasa kebas pada kakinya tak kunjung hilang.

 Kakinya kemudian mengalami lumpuh sementara. R lalu memutuskan untuk memeriksakan kondisinya ke dokter pada Maret 2020, dan didiagnosis Diabetes Melitus tipe-2. "Dibawa ke dokter umum, bilangnya cuma kekurangan vitamin D. 

Ternyata masih terasa berkedut, bahkan pas jalan kayak meleyot (layu) gitu kakinya. Akhirnya dibawa ke dokter penyakit dalam dan dicek ternyata sudah DM (diabetes melitus) tipe-2," kata dia.

Namun, benarkah terlalu banyak mengonsumsi boba atau bubble tea bisa menyebabkan diabetes hingga kelumpuhan? Menjawab persoalan ini, pada Senin (28/9/2020),

 Kompas.com menghubungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin, Metabolik, dan Diabetes dr Wismandari Wisnu SpPD-KEMP. Menurut Wismandari, seseorang yang banyak mengonsumsi makanan atau minuman mengandung lemak dan gula maka akan mudah terkena diabetes.

 "Tapi, ini bukan proses yang cepat, perlu waktu agar gula darah seseorang bisa naik, kemudian menjadi pra-diabetes dan akhirnya menjadi diabetes," kata dia. Bahayanya, ketika sudah dalam kondisi diabetes pun, terkadang seseorang belum mengalami gejala, sehingga tidak segera berkonsultasi dengan ke dokter. 

Wismandari mengatakan, sering kali pasien datang ke dokter justru karena komplikasi dari diabetes, seperti berikut:

- Serangan jantung - Stroke 

- Gagal ginjal 

- Kebutaan 

- Luka di kaki yang sukar sembuh 

- Kesemutan atau baal (nyeri) 

- Impotensi 

- Keputihan dan lain-lain

 "Atau datang karena infeksi, tapi kemudian didapatkan kadar gula darah yang tinggi," kata dia.Kelumpuhan karena diabetes Seperti yang terjadi pada R, menurut dia, bukanlah sesuatu yang terjadi secara mendadak.

 Kemungkinan gula darah sudah meningkat selama beberapa waktu tanpa disadarinya karena tidak ada gejala apa pun. "Dan itu sering terjadi (gula darah naik tanpa ada gejala fisik)," jelasnya. Setelah beberapa lama gula dalam darah meningkat, maka komplikasi mulai terjadi. 

Salah satunya adalah komplikasi saraf, bisa saraf perifer berupa kesemutan, baal, atau nyeri yang paling sering terjadi di ujung kaki atau tangan, dan komplikasi berupa stroke yang bisa menyebabkan lumpuh.

0 Response to "Kisah Viral Gadis 20 Tahun Lumpuh akibat Minum Boba, Ini Kata Dokter "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel