5 Gejala Radang Usus Buntu yang Wajib Diketahui



Berikut ini adalah 5 Gejala Radang Usus Buntu yang Wajib Diketahui yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Radang usus buntu terjadi ketika usus buntu Anda, kantong berbentuk cacing yang menempel di usus besar, jadi meradang. Ini cukup umum, dengan sekitar sembilan persen pria dan tujuh persen wanita mengalami radang usus buntu di beberapa titik selama hidup mereka.

Jika usus buntu jadi terlalu meradang, itu bisa pecah, mengubah usus buntu jadi sesuatu yang bisa berakibat fatal. Setelah timbulnya gejala biasanya dibutuhkan setidaknya 24 jam sampai usus buntu pecah. Akan tapi, usus buntu perlu waktu tiga hari (semenjak timbulnya gejala) hingga pecah pada beberapa individu.

Untungnya, dokter biasanya mengangkat usus buntu yang meradang dengan pembedahan sebelum hal ini terjadi. Pengangkatan usus buntu adalah keadaan darurat bedah yang paling umum. Faktanya, pengangkatan usus buntu, alias usus buntu, saat ini satu-satunya pengobatan yang terbukti tersedia untuk usus buntu. Apendiks biasanya diangkat melalui prosedur laparoskopi invasif minimal.

Diagnosis apendisitis yang sebenarnya bisa jadi rumit, Ini adalah penyakit yang sangat umum dan banyak orang tidak memiliki gejala klasik. Dokter sebenarnya harus meletakkan tangan kita di atas perut untuk memastikan.

Akan tapi, ada beberapa tanda apendisitis yang dapat memicu keputusan Anda untuk pergi ke dokter. Berikut, sembilan tanda bahwa Anda mungkin berurusan dengan usus buntu.

1. Sakit pada pusar

Nyeri usus buntu sering terjadi di perut bagian kanan bawah. Tanda pertama, bagaimanapun, biasanya adalah ketidaknyamanan di dekat pusar, yang kemudian berpindah ke perut bagian bawah.

Beberapa orang, termasuk anak-anak dan wanita hamil, mungkin mengalami nyeri di berbagai area perut atau di sisi tubuh mereka.

Nyeri juga akan bertambah parah jika Anda menggerakkan kaki atau perut; batuk atau bersin atau tersentak — selama perjalanan mobil yang bergelombang, misalnya.

2. Sakit perut yang terjadi cepat dan terus menerus

Begitu rasa sakit berada di bagian bawah perut, itu bisa sangat hebat.

Radang usus buntu cukup parah untuk membangunkan seseorang yang sedang tidur. Setelah menyerang, tingkat keparahan nyeri dapat meningkat dengan cepat — dalam hitungan jam.

3. Demam dan menggigil

Gejala radang usus buntu mungkin menyerupai gejala sakit perut, termasuk demam ringan, menggigil, dan gemetar.

Jika Anda mengalami sakit perut dengan demam 37 derajat, mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun jika Anda mengalami demam 39 derajat dan sakit perut Anda cukup parah sehingga Anda tidak bisa berdiri tegak, itu mungkin radang usus buntu.

4. Muntah, mual, dan hilang nafsu makan

Anda mungkin mengalami beberapa hari di mana nafsu makan Anda rendah dengan sedikit mual dan muntah ringan, mirip dengan apa yang Anda alami dengan sakit perut. Jika membaik setelah sekitar satu hari, Anda mungkin baik-baik saja.

Namun jika terus memburuk — terutama jika Anda juga mengalami demam dan nyeri perut kanan bawah — segera cari pertolongan medis. Jika Anda telah muntah selama lebih dari 12 jam, atau mengalami diare selama lebih dari beberapa hari, Anda harus menghubungi dokter Anda.

5. Diare atau konstipasi

Seperti banyak gejala lainnya, gejala ini mungkin tidak parah. Mereka mungkin akan datang setelah Anda mengalami sakit perut.

Namun jika Anda mengalami diare ringan — terutama jika terdapat banyak lendir di dalamnya — selain sakit perut kanan bawah, temui dokter Anda.

0 Response to "5 Gejala Radang Usus Buntu yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel